9 Cara Memulai Usaha Online Dari Nol Dan Dengan Sekutil Modal

memulai bisnis online

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai forum-forum dan blog gratisan untuk promosi situs web utama kamu. Di tahap ini, kamu bisa memakai Zyro, salah satu rekomendasi tool untuk buat website untuk bisnis online dengan mudah, tanpa perlu skill coding maupun desain web yang perlu kamu coba. Ini adalah tool powerfull yang memudahkan siapa saja untuk membuat website profesional dan fungsional. Penggunaan Internet dalam memasarkan produk terbukti makin tinggi jika dilihat dari pertumbuhan bisnis online shop sekarang ini.

Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang. Selain bekerja, mereka juga memulai bisnis online untuk usaha sampingan. Agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google, website bisnis online Anda harus berada di halaman pertama hasil pencarian. Anda harus bersaing dengan ribuan atau bahkan puluhan ribu website lain untuk mendapatkan peringkat pertama di Google. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan bisnis online di Google Bisnisku.

memulai bisnis online

Google Bisnisku adalah fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya. Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Anda tidak perlu menguasai programming atau coding untuk bisa membuat website. Pada dasarnya, marketplace punya fungsi yang tak jauh berbeda dengan media sosial. Mempromosikan produk yang Anda jual tanpa harus keluar dana besar. Untuk kemudian membuat konsumen makin mengenal toko online milik Anda tersebut. Demikianlah beberapa cara memulai bisnis dari nol untuk pemula yang bisa kamu pelajari. Sekarang kamu adalah seorang pemula dalam bisnis online, tetaplah berusaha agar dapat mengembangkan usaha online kamu.

Setelah mengetahui apa masalah yang dihadapi pasar, sekarang kerucutkan masalah atau hambatan yang dialami calon konsumen untuk mencapai sesuatu yang mereka inginkan. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan rekan bisnismu saat brainstorming, atau analisis sentimen dari media sosial. Usai menganalisis preferensi atau ketertarikan konsumen, panduan memulai bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset pasar demi menemukan peluang berbisnis. Selanjutnya, kenali siapa saja kompetitormu, yaitu bisnis sejenis dengan produk yang sama atau mirip denganmu. Kamu bisa memulainya dengan mengecek website atau akun media sosial mereka dan menilai bagaimana mereka menempatkan diri di hadapan konsumen. Setelah Anda memutuskan produk apa yang mau Anda gunakan untuk memulai bisnis online. Kalau Anda memulai bisnis online dengan menentukan produknya dulu, maka yang Anda targetkan hanyalah orang-orang yang cocok dan membutuhkan produk itu saja.